Tarian Jepang “Yosakoi”

Yosakoi adalah tari dengan ciri khas gerakan tangan dan kaki yang dinamis. Tari ini berkembang sebagai bentuk modern tari musim panas Awa Odori. Sambil menari, di kedua belah tangan, penari pria dan wanita segala umur membunyikan perkusi dari kayu yang disebut naruko. Mulanya, naruko dipakai untuk mengusir burung-burung di sawah, namun sekarang menjadi pelengkap tari.

Nah, akhir Juli lalu, Festival Yosakoi diadakan di Surabaya pada tanggal 18 Juli 2010 di Taman Bungkul Surabaya. Tepat pukul 06.00 acara tersebut dimulai. Sekolah saya –SMAN 1 Waru—mengikuti Festival ini. Dengan semangat ’45 dan tanpa rasa putus asa, kami 1 kelompok berlatih tiap hari dengan gigih. Tema yang kami bawakan adalah tarian jepang tradisional yang dilambangkan dengan alat bernama naruko. Alat ini menandakan adanya kebudayaan jepang.

Naruko

Naruko

Sedangkan tarian yang kita bawakan bernuansa tradisional. Tidak lupa kostum kami. Kami mendesign kostum untuk lomba dengan motif jepang atau yukata yang dicampur dengan motif Cina. Warna bajunya merah dengan plisiran kuning dan warna biru untuk obinya. Setelah kami tampil di panggon tempat penilaian, kami turun ke jalan raya dan menari atau melakukan parade disitu. Kami berjalan sambil menari mengikuti lagu yang diputar. Menarinya itu hanya diberi waktu istirahat ± 3 menit.

Yosakoi

Parade @ Taman Bungkul

Yosakoi @ Taman Bungkul

Yosakoi @ Taman Bungkul

SMAN 1 Waru mendapat urutan nomer 26 . Sebelum tampil, kami sudah menyiapkan yel-yel , namun sayangnya sewaktu tampil yel-yel tersebut tidak kami perdengarkan karena kami terlalu serius menari dan grogi hha. Untung saja naruko-ku ngga jatuh saking groginya karena jujur saja baru pertama kali itu saya tampil dalam acara event besar (antarnegara) . Yahh meskipun pada akhirnya kami tidak menang, tapi saya sangat bersyukur karna diberi kesempatan untuk mengikuti event ini . Saya mendapatkan pengalaman paling berharga buad saya ..

Nah, untuk lebih jelasnya. Kali ini saya akan menampilkan sebuah video yang diambil saat tim SMAN 1 Waru melakukan parade di Taman Bungkul . Ya setidaknya disitu ada saya meski gag seberapa jelas hha . Thenkyu

About these ads

Tentang monimutz

Suka membaca novel & comic . Pecinta Detective Conan :)
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized, yosakoi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s