Investigasi for Conan

Detective Conan (Meitantei Conan) adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan diilustrasi oleh Aoyama Gosho. Detektif Conan telah diserialkan secara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994 dan telah dikumpulkan dalam 69 volume tankōbon sampai dengan Agustus 2010. Dalam versi bahasa Indonesia, Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan sampai volume 57 sampai dengan Juni 2010.

Detective Conan

Sinopsis

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Dia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan yang ditujukan untuk membunuhnya, namun karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya. Untuk menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa. Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya yang bernama Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta. Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk Grup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya; Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima. Meskipun tubuhnya mengecil, dia tetap memecahkan kasus, biasanya dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Prof. Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak, tetapi tidak heran karena ia senang karena ketenarannya yang meningkat. Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikkan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi. Selanjutnya dalam seri ini, tokoh utama lainnya, Ai Haibara, muncul. Dia adalah seorang mantan anggota Organisasi Hitam, yang memiliki nama sandi “Sherry”, nama aslinya adalah Shiho Miyano, seorang ilmuan yang mengembangkan racun APTX 4869 yang membuat tubuh Shinichi mengecil. Setelah kakaknya secara kejam dibunuh oleh anggota Organisasi Hitam, dia mencoba keluar dari organisasi itu namun dia ditangkap. Dia mencoba bunuh diri dengan menelan pil APTX 4869, namun ternyata tubuhnya mengecil, dan dia berhasil kabur dari mereka. Saat itu ia terbaring di depan rumah Prof. Agasa. Kemudian dia menginap di rumah Prof. Agasa. Dia kemudian bersekolah di SD Teitan dengan nama samaran “Ai Haibara”. Dia mengetahui identitas asli Conan dan membantunya dalam perjuangan Conan untuk menjatuhkan Organisasi Hitam. Kemudian, Conan terlibat dengan Biro Investigasi Federal (FBI), dan mereka berhasil menangkap Kir, seorang anggota Organisasi Hitam. Kir kemudian diketahui merupakan seorang agen CIA yang menyamar, dan berjanji akan memberi informasi tentang Organisasi Hitam kepada FBI. Mereka kemudian mengembalikan Kir ke organisasi tersebut. Kemudian, dia memberitahukan kepada FBI bahwa di Organisasi Hitam ada seorang anggota baru bernama sandi Bourbon.

 Tokoh-Tokoh dalam Serial Conan

Shinichi Kudo

Shinichi or Conan Edogawa    Shinichi adalah seorang detective terkenal yang masih duduk di kelas 2 SMU Teitan, ia sangat terkenal karena telah memecahkan banyak kasus-kasus sulit sehingga dijuluki Penyelamat Kepolisian Jepang. Ayah Shinichi bernama YusakoKudo yang bekerja sebagai penulis novel. Sedangkan Ibu Shinichi, Yukiko Kudo adalah seorang artis terkenal. Kini, kedua orang tua Shinichi tinggal di Amerika. Shin sangat menyukai novel detective, salah satunya Sherlock Holmes. Ia juga handal dalam bermain bola . Suatu hari Shin pergi ke Tropical Land bersama Ran Mouri. Saat itu ia memergoki sebuah pemerasan namun karna kelalaiannya ia ketahuan lalu diberi racun APTX 4869 agar Shin tutup mulut. Namun tanpa mereka ketahui, Shin tidak mati. Tubuhnya hanya mengecil menjadi anak berusia 7 tahun . Dengan bantuan Prof.Agasa ia menyembunyikan identitasnya dengan tinggal di rumah Kogoro Maouri, ayah Ran. Ia mengganti namanya menjadi Conan Edogawa.

Kogoro Mouri

Kogoro Mouri     Mouri adalah seorang detective swasta yang bodoh. Mouri adalah ayah Ran Mouri dan suami Eri, namun telah lama mereka bercerai karena Mouri suka berjudi dalam pacuan kuda dan mabuk. Saat Shin menjadi Conan, ia memanfaatkan Mouri untuk memecahkan berbagai kasus . Adapun cara Conan memanfaatkan Mouri dengan cara menembakkan jarum bius yang membuat Mouri tidak sadar kemudian menirukan suara Mouri. Hal ini membuat Mouri terkenal dengan sebutan “Detective Tidur”.

Ran Mouri

Ran Mouri     Ran adalah teman Shinichi Kudo sejak kecil dan dapat dikatakan seperti orang berpacaran meski Ran dan Shinichi tidak pernah berani mengungkapkan perasaannya. Ran adalah seorang gadis yang sabar walau harus menunggu Shinichi begitu lamanya namun ia tetap setia dan percaya bahwa suatu hari Shinichi akan kembali. Ran hidup bersama ayahnya,Kogoro Mouri. Ia sangat ahli dalam karate bahkan menjadi ketua sebuah klub karate. Namun demikian, ia sangat takut terhadap hantu dan hewan tertentu, misalnya ular. Ran juga seorang yang mudah menangis.

Hiroshi Agasa

     Agasa adalah seorang professor-tetangga Shinichi- yang barang-barang penemuannya membantu Shin dalam menyelesaikan berbagai kasus dan menangkap penjahat. Hingga usia kini -±40 tahun- ia belum menikah.

Inspektur Megure

     Megure adalah inspektur kepolisian pusat di Beika. Megure adalah orang yang tegas dan baik pada bawahan dan suka bercanda. Ia pekerja keras yang selalu seriius dalam menangani sebuah kasus. Ia memiliki istri yang dulunya mantan anggota berandalan siswi SMA.

Grup Detective Cilik

Detective Cilik

Sebuah grup detektif yang di bentuk di SD Teitan dengan anggota Genta Kojima, Mitsuhiko Tsuburaya, Ayumi Yoshida, Conan Edogawa, dan belakangan ini Ai Haibara bergabung dalam grup ini.

1. Genta Kojima

Genta Kojima     Genta adalah salah satu teman Conan yang menjadi anggota grup ini. Ia berbadan gemuk, besar, dan jago makan. Makanan favoritnya adalah belut bakar. Sifatnya sangat spontan.

2. Mitsuhiko Tsuburaya

Mitsuhiko     Mitsu adalah anggota grup detective cilik yang lain. Awalnya ia menyukai Ayumi namun saat Ai bergabung ia menyukai Ai lebih dari Ayumi. Ia merasa Ai lebih dewasa .

3. Ayumi Yoshida

AyumiIa adalah satu-satunya anggota wanita, sebelum Ai bergabung. Ayumi menaruh hati pada Conan. Ia baik hati, mudah ersenyum dan sering menggunakan kata yang mampu membuat suasana tenang.

4. Ai Haibara

Ai Haibara     Ia sama seperti Shinichi yang mengecil karena minum APTX 4869. Dulunya ia anggota Organisasi Jubah Hitam dengan kode “Sherry”. Ia sendiri yang membuat racun APTX 4869. Namun karena kakaknya dibunuh akhirnya ia melarikan diri dari Organisasi itu. Kini ia tinggal bersama Prof.Agasa. Nama aslinya Shiho Miyano.

Sonoko Suzuki

Sonoko Suzuki     Sonoko adalah putri konglomerat Suzuki yang sekaligus adalah sahabat baik Ran. Ia sangat centil dan suka berlibur untuk mencari cowok.

Heiji Hattori

Heiji & Kazuha     Heiji adalah rival Shinichi dari Osaka yang sekaligus sahabat Shinichi. Heiji merupakan putra Heizo Hattori-Inspektur Kepolisian Osaka. Ia sering membantu Shinichi memecahkan kasus sebagai Conan. Ia mengetahui siapa Conan sebenarnya. Heiji memiliki teman sejak kecil bernama Kazuha. Kazuha sering cemburu pada Ran karena ia salah mengira bahwa Kudo (Shinichi) yang sering diceritakan Heiji adalah seorang wanita-Ran-. Padahal diam-diam Heiji menaruh hati pada Kazuha namun ia selalu menutupinya dan berlagak bodoh atau membuat Kazuha marah. Kisah Heiji dan Kazuha ini mirip dengan kisah Shinichi dan Ran.

Yusaku dan Yukiko Kudo

Yusaku & Yukiko Kudo     Yusaku adalah ayah Shinichi yang cerdas dan pembuat novel misteri best seller. Kecerdasannya menurun pada sang anak yaitu Shinichi Kudo. Sedangkan Yukiko adalah istri Yusaku. Ia merupakan artis yang paling cantik dan pintar berakting. Dia sangat centil dan menantnag bahaya. Keahlian Yukiko adalah menyamar. Ia bersahabat dengan Eri-Ibu Ran- sejak SD. Dia dan Yusaku sekarang tinggal di Amerika Serikat dan meninggalkan dunia artisnya.

 Kaito Kid

Kaito Kid     Kid adalah pencuri yang jenius dalam penyamaran dan mengincar batu berharga. Sebenarnya motif ia mencuri bukan untuk kepentingan hidupnya melainkan untuk mencari tahu tentang Organisasi Jubah Hitam yang diduga telah membunuh ayahnya. Ia selalu dikejar-kejar polisi namun ia selalu lolos. Detective dan polisis selalu di buat bingung oleh tingkahnya. Dalam aksinya, ia selalu memberi surat tantangan kepada polisis sehingga keberadaannya diketahui. Kid sebenarnya adala siswa SMU biasanya yang punya kejeniusan dalam menyamar dan sulap. Semua itu ia dapat dari ayahnya yang seorang pesulap. Kemampuan merikan wajah, suara, dan tingkah laku membuat penyamarannya berhasil, namun kadang Conan bias merasakan kehadirannya. Kemanapun onan selalu mengejar Kid. Tapi sebenarnya ia sering membantu Conan dalam menyelesaikan kasus tertentu. Kid memiliki phobia(rasa takut) terhadap ikan.

Biro Investigasi Federal (FBI)

FBI    Anggota FBI datang ke Jepang untuk memburu Organisasi Jubah Hitam. Salah satu anggotanya yaitu Jody. Ia menyamar sebagai guru bahasa inggris yang aneh di sekolah Ran. Ia mengejar Chris Vineyard yang diduga telah membunuh ayahnya.

Organisasi Jubah Hitam

Organisasi Jubah Hitam     Organisasi ini adalah organisasi gangsters rahasia. Organisasi ini sangat tertarik pada program-program computer dan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan racun APTX 4869 yang dapat membunuh orang. Anggotanya sangat kejam. Ia dapat membunuh siapaun yang dianggap tidak berguna lagi dalam organisasi dan yang membantah mereka.

Tentang monimutz

Suka membaca novel & comic . Pecinta Detective Conan :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar